Butuh Arsiparis, UPT Kearsipan Gelar Sosialisasi

      Samarinda - Bertempat di Aula Rektorat Universitas Mulawarman pada tanggal 6 April 2017 menyelenggarakan sosialisasi Jabatan Fungsional Arsiparis untuk memenuhi kebutuhan arsiparis-arsiparis di lingkungan Universitas Mulawarman. Hadir sebagai narasumber adalah Dr. Abdunnur selaku Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan sekaligus pembina kepegawaian di Unmul, dan Kepala UPT. Kearsipan Dra. Nana Heriana, M.Si.

      Dinamisasi perkembangan organisasi setelah Universitas Mulawarman menjalankan Organisasi Tata Kelola (OTK) baru menjadikan peran UPT. Kearsipan lebih besar. UPT baru yang diberikan kewenangan untuk mengelola dan membenahi arsip-arsip di lingkungan Universitas Mulawarman ini diharapkan dapat segera beraksi. Menyusul dengan kelengkapan personalia yang telah disempurnakan, menjabat sebagai Kepala UPT adalah Dra. Nana Heriana, M.Si. dan beberapa pegawai menjadi koordinator bidang semakin menambah kekuatan untuk menyiapkan peraturan-peraturan pendukung pengendalian kearsipan.

      Salah satu sumber daya manusia yang sangat dibutuhkan dalam penataan arsip adalah Arsiparis. Arsiparis merupakan Jabatan Fungsional di bidang kearsipan, setara dengan pustakawan (jabatan fungsional di perpustakaan) atau Laboran (jabatan fungsional di Laboratorium). Sebagai pegawai yang menduduki jabatan fungsional, diharapkan mampu bekerja lebih profesional sesuai dengan pedoman pengelolaan kearsipan yang berlaku.

      Sesuai dengan Peraturan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia nomor 6 tahun 2017 tentang Tata cara pengangkatan Pegawai Negeri Sipil Dalam Jabatan Arsiparis melalui Penyesuaian / inpassing, pada pasal 2 membagi kategori Jabatan Fungsional Arsiparis menjadi 2 kategori, yaitu kategori Arsiparis kategori Keterampilan, dan Arsiparis kategori Keahlian. Persyaratan-persyaratan tentang inpassing telah diatur dalam Perka tersebut.

      Title
      Content